Kenyamanan menggunakan sepeda motor untuk melaju di jalan raya tak terlepas dari penggunaan aki motor yang tepat. Pemilihan aki yang tidak tepat akan membuat motor mudah sekali untuk mengalami mogok di tengah jalan. Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk memilih aki motor yang tepat digunakan motor Anda. Berikut caranya.
Kenyamanan menggunakan sepeda motor untuk melaju di jalan raya tak terlepas dari penggunaan aki motor yang tepat. Pemilihan aki yang tidak tepat akan membuat motor mudah sekali untuk mengalami mogok di tengah jalan. Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk memilih aki motor yang tepat digunakan motor Anda. Berikut caranya.

1.Menyesuaikan Jenis Aki yang Dipilih
 
Membeli aki sepeda motor, yang dilakukan oleh Anda pertama kalinya adalah dengan memastikan aki sepeda motor tersebut sesuai dengan motor milik Anda. Jika berkeinginan untuk mengganti aki yang merupakan bawaan dari pabrik, maka Anda harus membaca dahulu buku manul dari motro tersebut.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengonsultasikannya ke bengkel resmi atau yang telah terpercaya apakah hal tersebut memungkinkan ataukah tidak. Mengganti jenis aki yang telah dipakai sebenarnya sah-sah saja jika dilakukan setelah berkonsultasi terlebih dahulu pada pakarnya.
Bengkel yang resmi atau toko yang terpercaya tentu mempunyai montir yang sangat berpengalaman yang akan emngerti tentang permasalahan tersebut. Hal ini tentunya demi menjaga keamanan dan kenyamanan dari motor Anda.

2. Memilih Aki dengan Buatan dari Merek Ternama

Anda dapat selalu memilih aki yang buatan merek ternama dikarenakan sudah sangat berpengalaman. Selain itu, biasanya aki dari pabrikan ternama memiliki kualitas yang lebih bagus dengan adanya garansi. Saat ini di pasaran telah banyak dijual produk aki tersebut, bahkan terdapt pula aki dengan laju penguapan air yang sangat rendah.

Hal tersebut akan membuat aki tahan lebih lama serta bebas dari perawatan serta dapat anti bocor dengan adanya teknologi AGM. Penggunaan aki sepeda motor tersebut akan sangat bermanfaat untuk motor yang Anda miliki.

3. Memperhatikan Tnggal Produksi Aki
 
Setaip aki yang mempunyai kualitas baik akan terdapt informasi yang tercantum mengenai waktu dari produksi aki tersebut dan masa kadaluarsanya. Aki sepeda motor yang berkualitas memiliki umur kurang dari enam bula terhitung mulai dari tanggal produksinya. Aki sepeda motor yang telah berusia tua akan membuat kondisinya lemah.

Hal tersebut ditandai dengan komponen-komponen penyusun aki yang kebanyakan akan aus. Selain itu kapasitas dari penyimpanannya juga akan rendah. Aki yang semacam ini cenderung tidak dapat bekerja secara optimal dan cepat mudah untuk rusak. Maka dari itu, Anda pada saat membelinya, hindari emmilih aki yang sudah berusia tua.

4. Harga Aki yang Harus Masuk Akal
 
Cara yang lain untuk memilih aki motorberkualitas adalah dengan memperhatikan harganya. Anda harus menghindari dan jangan sampai terjebak pada persepsi umum yang menentukan mutu dari sebuah produk dilihat dari harga yang dimilikinya. Padahal faktanya, aki sepeda motor yang berkualitas baik tak selalu memiliki harga yang mahal.

Banyak saat ini produk aki sepeda motor yang mempunyai harga bersahabat dengan kualitas yang sangat baik. Maka dari sini yang harus Anda butuhkan adalah sebuah kejelian dan pengalaman untuk dapat menilai sebuah aki yang bagus ataukah tidak.

5. Mengecek Ukuran Tegangan yang Dimiliki Aki
 
Tak ada salah jika Anda mengecek tegangan yang dimiliki oleh sepeda motor pada saat akan membelinya. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk menghindari hal yang buruk yang dapat saja dialami oleh komponen kelistrikan pada motor yang Anda miliki. Aki yang normal akan mempunyai tegangan listrik berkisar pada 12,6 V hingga 12,8 V.

Cara di atas dapat Anda gunankan untuk memilih aki motor yang berkualitas. Hal tersebut dilakukan agar kenyamanan pada saat melajukan kendaraan dapat didapatkan. Maka dari itu, mulai sekarang Anda harus jeli dan memilih produk aki yang baik dan juga aman.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: