Kerja sampingan bisa jadi pilihan bagi kamu yang masih duduk di bangku perkuliahan. Tidak melulu karena ingin mendapatkan penghasilan, dengan mengambil kerja paruh waktu ini kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman. Pengalaman inilah yang kemudian akan sangat berguna untuk masa depan kamu.
Kerja sampingan bisa jadi pilihan bagi kamu yang masih duduk di bangku perkuliahan. Tidak melulu karena ingin mendapatkan penghasilan, dengan mengambil kerja paruh waktu ini kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman. Pengalaman inilah yang kemudian akan sangat berguna untuk masa depan kamu.

Lebih dari itu, ketika masih menjadi mahasiswa kamu memiliki waktu yang fleksibel. Itu artinya kamu dapat dengan mudah mengatur kapan harus kuliah, dan kapan harus bekerja. Dengan begitu keduanya bisa berjalan dengan baik.

Pilihan Kerja Sampingan untuk Mahasiswa

Lantas apa saja kerja sampingan yang cocok untuk kamu yang masih berstatus mahasiswa? Simak ulasannya berikut ini.

1.    Guru les
Sebagai mahasiswa, tentu kamu sudah memiliki bekal wawasan yang cukup. Wawasan yang kamu ketahui bisa dimanfaatkan dengan menjadi guru les. Selain bisa mengamalkan ilmu yang sudah kamu ketahui, menjadi guru les juga akan menambah uang jajan kamu.
Perihal jam belajar, umumnya akan disepakati sejak awal. Dengan begitu kamu dapat dengan mudah menyesuaikan jadwal les dengan jadwal kuliah.

2.    Penulis lepas
Untuk kamu yang memiliki hobi menulis tidak ada salahnya jika mengajukan diri sebagai penulis lepas. Saat ini banyak perusahaan baik perusahaan skala kecil atau besar yang membutuhkan jasa penulis lepas. Kamu bisa mendapatkan informasi lowongan penulis ini melalui internet atau situs-situs freelance. 

Meski berstatus penulis lepas, penghasilan dari menulis tidak bisa dianggap remeh loh! Ya, semakin rajin kamu menulis, kemungkinan untuk mendapatkan penghasilan berlipat semakin besar. Akan tetapi pastikan kamu memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik ya. Menjadi penulis lepas harus bisa menyelesaikan tulisan berdasarkan deadline yang sudah ditentukan.

3.    Penerjemah
Menjadi kabar bahagia bagi kamu yang mahir berbahasa asing. Manfaatkan kemampuan berbahasa kamu dengan menjadi penerjemah. Entah nantinya akan menjadi penerjemah artikel, jurnal atau buku, penghasilan dari profesi penerjemah ini juga tak kalah besar dengan mereka yang bekerja full time.

4.    Ojek Online
Jika ingin pekerjaan sampingan yang lebih fleksibel, kamu bisa menjadi driver ojek online. Memang benar saat ini sudah banyak masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi, namun jangan salah, hari ini juga masih banyak yang membutuhkan jasa ojek ini.

Lagi pula ini menjadi alternatif bagi kamu yang juga ingin memanfaatkan smartphone. Smartphone canggih tentu harus dimanfaatkan dengan baik bukan? Karena berbasis online, maka semua transaksi pun mengandalkan smartphone.

5.    Desainer Grafis
Saat ini jasa desain grafis bisa dibilang sebagai jasa yang memiliki peminat cukup tinggi. Banyak perusahaan start up, UKM, maupun perusahaan besar yang membutuhkan jasa desain untuk kepentingan marketing. Apabila kamu cukup mahir dalam hal desain, tidak ada salahnya memanfaatkan peluang emas ini.

Lebih dari itu, umumnya desain ini nantinya bisa kamu kerjakan dalam tenggat waktu sesuai dengan kesepakatan. Jadi kamu dapat dengan mudah mengatur jadwal.

Demikianlah 5 pilihan kerja sampingan yang dapat kamu jadikan referensi. Menjadi mahasiswa bukan lagi waktunya untuk terus mengandalkan uang saku dari orang tua. Mulailah belajar mandiri sedini mungkin. Dengan bekerja paruh waktu, kamu mendapatkan banyak pengalaman dan wawasan yang mungkin saja tidak kamu dapatkan selama menempuh pendidikan di bangku sekolah maupun perkualiahan.

Ada banyak hal di luar bangku kuliah yang masih harus kamu pelajari. Jadi selama masih ada waktu, manfaatkan peluang dengan baik agar dirimu menjadi pribadi yang lebih produktif dan positif.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: