Banyak masyarakat yang masih belum bisa memahami dan mengerti apa bedanya Fintech (Financial Technology) dan rentenir. Sebenarnya keduanya sama-sama memiliki makna pinjaman uang, akan tetapi pinjaman uang yang seperti apa yang perlu dipahami serta bisa dilakukan pinjaman uang online atau tidak.

Banyak masyarakat yang masih belum bisa memahami dan mengerti apa bedanya Fintech (Financial Technology) dan rentenir. Sebenarnya keduanya sama-sama memiliki makna pinjaman uang, akan tetapi pinjaman uang yang seperti apa yang perlu dipahami serta bisa dilakukan pinjaman uang online atau tidak.

Jangan sampai gagal faham ketika orang lain atau teman sedang membicarakan fintech dan rentenir, dan Anda hanya bisa diam aja tanpa paham perbedaan keduanya.

Secara makna rentenir itu adalah seseorang yang memasukkan unsur waktu ke dalam transaksi, contohnya dengan meminta harga yang lebih tinggi karena menjual secara kredit (karena lama) atau membeli barang lebih murah karena jarak waktu yang dekat dsb (Tawney : hal 59-61 di www.definisimenurutahli.com).

Sedangkan fintech adalah pengajuan dari pinjaman yang memungkinkan calon nasabah mengajukan permohonan KTA tanpa perlu datang ke bank. Dari maknanya saja, Anda pasti mulai mengerti bagaimana perbedaannya secara kasat mata. Nah setelah Anda akan lebih mendalami bagaimana perbedaan keduanya.

Keresmian pinjaman
Apabila berselancar di internet, Anda akan banyak menemukan pinjaman uang online fintech yang resmi. Jika Anda ragu pinjaman Fintech itu resmi atau tidak, Anda bisa melakukan pengecekan di situs online Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lalu bagaimana nasib Rentenir? Ya, Rentenir memiliki kegiatan yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Bahkan yang terjadi dalam mindset bahwa pelaku Rentenir itu para preman-preman yang begitu gagah dan seramnya. Kalau sudah seperti itu apakah Anda masih yakin akan melakukan pinjaman uang lewat Rentenir?

Profesionalitas pinjaman
Dari perbedaan yang sudah terpapar di atas saja kita sudah faham bagaimana Fintech dijalankan dengan begitu profesional. Ada banyak orang yang mengelola. Apalagi di era digital saat ini yang banyak memudahkan para nasabah.

Jadi bagi Anda yang selalu disibukkan dengan pekerjaan, hal ini sangat menghemat waktu sehingga dapat melakukan pinjaman uang online. Tidak perlu wara-wiri. Hal ini berbeda dengan Rentenir yang bahkan tidak jelas siapa yang menjalankannya. Selain itu struktur organisasinya saja tidak ada. Biasanya hanya dijalankan perorangan saja. Coba dibayangkan kalau nanti ada kecurangan dari pihak Rentenir, apa yang harus Anda lakukan?

Pemberi solusi yang tepat atau tidak
Konsep dari Fintech memang ingin membantu para nasabah yang mengalami kesulitan uang. Sehingga masyarakat yang memiliki masalah keuangan tak terduga (diluar perencanaan keuangan) bisa datang ke pinjaman Fintech. Akan tetapi berbeda cerita kalau Rentenir. Ia hanya memecahkan masalah dalam sekejap. Setelah itu ia akan terus menerus menghantui dan menambah jumlah nominal semakin membludak.

Suku bunga
Kalau melakukan pinjaman uang online Fintech maka suku bunga sudah dijelaskan dan dipaparkan sejak awal sehingga Anda bisa mengetahui berapa uang yang akan diangsur. Akan tetapi kalau lewat Rentenir tidak ada kesepakatan di awal. Bahkan setiap bulanya selalu ada kenaikan tanpa sepengetahuan dari pihak peminjam.

Keamanan pinjaman
Kalau yang terakhir ini pasti Anda langsung paham. Kalau dari pinjaman Fintech, ada tim yang akan menganalisis apakah calon nasabah lolos melakukan pinjaman atau tidak. Hal ini tentu tidak lepas dari penilaian tingkat kemampuan ekonomi para calon nasabah.

Berbeda dengan rentenir, yang mana Anda akan dimudahkan diawal. Berapapun kesulitan keuangan Anda akan diberikan tanpa melihat kemampuan ekonomi. Setelah uang Anda dapat, barulah terasa bagaimana tidak enaknya dikejar-kejar oleh Rentenir.

Dari ulasan di atas, semoga Anda lebih paham dan lebih bijak dalam melakukan pinjaman uang. Jangan hanya memikirkan bagaimana kemudahan diawal, akan tetapi dampak ke depannya merugikan. Inilah mengapa pinjaman uang online lebih disarankan, terlebih jika pinjaman ini disediakan oleh Tunaiku, dimana sudah terbukti kualitas dan profesionalitasnya.  

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: