Nokia 6 resmi dirilis Januari 2017. Tapi ponsel ini baru mendarat di Indonesia selang sembilan bulan pasca diumumkan. Kenapa?

Mark Trundle, Country Manager Indonesia HMD Global, pihaknya tidak ingin serba terburu-buru dalam menghadirkan ponsel jagoannya ke sini. HMD Glonal ingin melihat bagaimana respon masyarakat Indonesia sebelum akhirnya mereka memutuskan membawa Nokia 3, 5 dan 6 ke Tanah Air. 

"Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali, kan," ujarnya bercanda. "Kami mencari tahu bagaimana respons masyarakat akan kehadiran kembali Nokia. Ternyata banyak konsumen di Indonesia menanti kehadiran ponsel Nokia," kata Trundle saat ditemui usai acara peluncuran Nokia 3, 5 dan 6 di Jakarta, Kamis (14/9/2017).


Untuk mencari tahun respon masyarakat, Trundle bahkan berkeliling ke sejumlah toko ponsel di sejumlah daerah, seperti Lampung, Palembang, Kediri dan Bandung. Hasilnya, ia selalu ditanya kapan ponsel-ponsel terbarunya Nokia dibawa ke Tanah Air.

Mendapat respon positif, HMD Global membulatkan tekad merilis ponselnya di sini. Tapi mereka kemudian dihadapkan dengan aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan pemerintah Indonesia. Mau tidak mau mereka pun harus memenuhi hal tersebut.

Maka digandenglah PT Sat Nusapersada untuk merakit ponsel Nokia di Batam. Selain itu, mereka berkolaboirasi dengan PT TSM untuk software. Hasilnya HMD Global mampu memenuhi TKDN untuk ponsel 4G. "TKDN ponsel Nokia sudah mencapai 30,5%," ungkap Trundle.

Selang sepekan, tepatnya 14 September, HMD Global pun mengumumkan Nokia 3, 5 dan 6 siap dijual di Indonesia. Rencananya ketiga ponsel tersebut akan menyerbu pasar mulai Oktober mendatang. Nokia 3 dibanderol seharga Rp 1,899 juta. Sementara Nokia 5 dan 6 masih belum diumumkan.

"Harganya mungkin tidak jauh dengan harga global, ditambah pajak dan lain-lain," pungkas Trundle
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: