Ada banyak faktor penyebab yang mungkin belum kamu sadari. Jangan berlama-lama lagi, kamu harus tahu apa aja faktor penyebabnya dan apa saja yang wajib kamu lakukan supaya bau kaki bisa hilang dan nggak balik lagi!
Kamu punya bau kaki? Duh, ilfil banget nggak sih? Nggak enak banget kan kalau udah dandan cantik-cantik dan tampil ganteng-ganteng tapi kakinya basah dan malah ngeluarin bau gitu. Mungkin ada yang salah dengan kebiasaanmu sampai-sampai kakimu bisa keringetan dan mengeluarkan bau surga itu. Ada banyak faktor penyebab yang mungkin belum kamu sadari. Jangan berlama-lama lagi, kamu harus tahu apa aja faktor penyebabnya dan apa saja yang wajib kamu lakukan supaya bau kaki bisa hilang dan nggak balik lagi!

1. Kenali Penyebab Bau Kaki



Pada dasarnya bau kaki bisa muncul karena produksi keringat yang meningkat. Dari sini, bakteri yang menempel di kulit langsung muncul dan mengakibatkan bau yang tidak enak dari pori-pori. Biasanya ada beberapa penyebab yang dapat membuat kaki jadi bau:

Mengenakan Sepatu yang Sama Setiap Hari

Kaki bisa menjadi bau karena sepatu yang sudah terlanjur lembab karena sering dipakai, sebaiknya berikan jarak setidaknya 2-3 hari untuk sepasang sepatu. Angin-anginkan sepatu terlebih dahulu, sampai kondisi sudah benar-benar kering, barulah sepatu tersebut boleh dipakai lagi.

Kurang Menjaga Kebersihan Tubuh


Biasakan untuk selalu mencuci kaki saat sudah beraktivitas seharian di luar rumah. Cuci kaki dengan bersih saat membilas dengan air, lalu keringkan di keset yang dapat menyerap air. Perhatikan juga kebersihan keset yang kamu pakai, jika memang sudah terlalu lama dipakai bisa saja keset tersebut malah menjadi tempat bertumbuhnya bakteri yang membuat kaki bau.

Bagi kamu yang juga malas mengganti kaos kaki bisa saja dapat mengalami bau kaki. Bakteri yang menempel di kaos kaki bisa saja berpindah ke kulit telapak kaki dan menyebabkan kakimu menjadi bau.

Perubahan Hormonal

Bau kaki juga bisa saja muncul karena adanya perubahan hormon, biasanya hal ini bisa terjadi pada para remaja yang sedang melalui masa pubertas atau para wanita hamil. Hal ini bisa juga terjadi pada para wanita menopause.

Stress

Bagi kamu yang mengalami stress berkepanjangan, bisa juga mengalami hyperhidrosis, yang menyebabkanmu memproduksi keringat berlebihan dari biasanya. Keringat yang banyak ini bisa juga muncul di area kaki dan menyebabkan kaki menjadi bau.

Masalah Jamur Kaki

Kapalan atau dalam bahasa medis disebut athlete’s foot juga dapat menyebabkan kaki menjadi bau.

2. Cara Menghindari Bau Kaki



Menjaga Kebersihan Diri
Cara terbaik untuk menghindari bau kaki adalah dengan menjaga kebersihan diri. Kamu harus rajin mencuci kaki saat sudah beraktivitas seharian di luar rumah, perhatikan bagian-bagian antara kaki dan gosok hingga bersih. Setelah dibersihkan pun, kamu harus mengeringkan kaki sampai betul-betul kering baru mulai beraktivitas lagi.


Gunakan Kaos Kaki yang Bersih

Gunakan kaos kaki bersih setiap hari, hindari menggunakan kaos kaki yang sama selama 2-3 hari berturut-turut agar kakimu tidak bau. Kamu juga bisa menggunakan sepatu khusus olahraga yang sirkulasi udaranya cenderung lebih baik dibanding kaos kaki pada umumnya.

Selain itu, cucilah kaos kaki setiap hari. Saat akan mencuci kaos kaki, tarik keluar kaos kaki bagian dalam agar bakteri-bakteri yang mengumpul di bagian tersebut bisa lebih mudah dibersihkan. Rendam kaos kaki terlebih dahulu dengan sabun anti bakteri, sebelum benar-benar dicuci dengan deterjen.

Beli Dua Pasang Sepatu
Jika kamu punya budget lebih untuk membeli lebih dari sepasang sepatu, sebaiknya gunakan uang tersebut. Sepatu yang baik hendaknya dijemur setiap hari. Jangan mengenakan sepatu yang sama dalam dua hari berturut-turut, karena bakteri jadi bertumbuh di situ.

Jemurlah sepatu yang tidak dipakai selama seharian agar bakteri dan jamur mati. Tidak lupa, kamu juga boleh menaburkan baking soda di dalam sepatu untuk membunuh bakteri yang membuat kakimu menjadi bau.


3. Cara Menghilangkan Bau Kaki

Menggunakan Foot Deodorant

Cara paling kilat yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau kaki adalah dengan menggunakan foot deodorant. Saat ini kamu sudah tidak perlu kesulitan lagi mencari foot deodorant atau antiperspirant khusus untuk mengatasi bau kaki.

Jika ingin cara yang lebih praktis lagi, kamu bisa menggunakan deodorant yang digunakan untuk ketiak ke daerah kakimu. Sebelum mengaplikasikan foot deodorant, ada baiknya jika kamu mencuci kaki dengan bersih terlebih dahulu lalu keringkan sambil ditepuk-tepuk dengan handuk bersih. Perhatikan juga kebersihan di sela-sela jari kaki. Setelah itu, kamu bisa mulai mengaplikasikan foot deodorant di bagian kaki.

Menggunakan Kaos Kaki yang Dapat Menyerap Keringat


Cara menghilangkan bau kaki lainnya adalah menggunakan kaos kaki yang bersih dan dapat menyerap keringat. Kaos kaki bau yang tidak dicuci dengan rutin dapat membantu bakteri untuk hidup dan berkembang biak di dalamnya. Biasanya kaos kaki bau dan basah seperti ini tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga selalu menampung keringat dan membuat kakimu menjadi basah.

Bahan kaos kaki yang bisa kamu pilih untuk mengatasi bau kaki adalah bahan coolmax atau olefin. Kaos kaki bahan coolmax sering dipakai sebagai bahan kaos kaki untuk berolahraga. Bahan coolmax dikenal memiliki serat yang baik agar tidak mudah menyerap air/keringat, sehingga saat berkeringat kamu tidak akan merasa terganggu karena kaki yang panas atau basah.

Bahan kaos kaki lainnya yang dapat mengatasi bau kaki adalah olefin. Bahan ini berasal dari salah satu serat terbaik yang bersifat anti air. Olefin juga bersifat hydrophobic yang dapat menghilangkan keringat di kaki 25x lebih cepat dibanding bahan kaos kaki sintetis lainnya.

Jika memungkinkan, jangan mengenakan sepatu dalam durasi yang lama. Saat berangkat ke kantor misalnya, kamu bisa menggunakan sepatu pilihanmu. Namun saat beraktivitas seharian di kantor, kamu bisa melepas sepatu dan menggunakan sendal jepit agar kaki lebih bisa bernafas.

Cuci Kaki dengan Sabun Anti Bakteri

Cara menghilangkan bau kaki selanjutnya adalah rajin membilas kaki dengan sabun anti bakteri seperti Dettol. Hal ini berfungsi agar bakteri yang tumbuh di kaki bisa dimatikan dengan antiseptik. Jika ingin cara yang lebih tradisional, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

Air Campuran Baking Soda

Baking soda memang dikenal memiliki banyak fungsi, selain digunakan sebagai bahan makanan, baking soda juga dikenal dapat menjadi bahan ampuh untuk pori-pori wajah. Baking soda sendiri juga dapat mengatasi bau kaki dan membunuh bakteri serta jamur yang tumbuh di kaki.

Berikut adalah resep yang bisa kamu coba:
- 85 gram baking soda
- 8 gelas air hangat
- 1 buah lemon, diperas dan saring airnya

Masukkan campuran tersebut ke dalam ember, lalu rendamlah kaki selama 15-20 menit. Setelah itu keringkan kaki dengan handuk. Lakukan cara ini secara teratur untuk mengurangi bau kaki. Cara lain untuk mengatasi bau kaki adalah dengan menggunakan apple cider vinegar / cuka apel.

Campurkan 120 ml cuka apel dengan 5-8 gelas air hangat. Rendam kaki selama 15 menit, lalu keringkan dengan air biasa. Lakukan proses rendaman sebanyak 2x sehari atau beberapa kali dalam seminggu untuk mengurangi bau kaki.

Gunting Kuku


Percaya atau tidak, ternyata menggunting kuku secara rutin dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan bau kaki. Jangan lupa gunakan foot file di bagian-bagian kaki yang kasar. Kulit seperti ini dapat membuat kakimu menjadi lembab dan menjadi tempat berkembangnya bakteri.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: