Anak yang menolak makan sering kali membuat orang tua stres. Namun, para ahli justru menyarankan untuk membiarkan anak bermain dengan makanan.

Ini adalah perjuangan yang diderita oleh banyak orang tua di seluruh dunia. Namun, pedoman National Health Service (NHS) menunjukkan bahwa kita seharusnya tidak terlalu mengekang anak-anak yang selalu rewel saat makan. 

National Institute for Health and Care Excellence (NICE) juga menyarankan bahwa anak-anak harus diizinkan untuk 'bermain dengan makanan mereka' jika itu bisa menjadi satu-satunya cara membuat mereka makan dan orang tua harus menciptakan suasana santai saat makan.


Anak rewel saat makan.Anak rewel saat makan. Foto: iStock
Dikutip dalam Net Doctor (28/09), ibu dan ayah tidak boleh memaksa anak-anak untuk makan. Walaupun ada kekhawatiran mengenai berat badan, akan tetapi menerapkan hukuman anak ketika tak mau makan bisa memperburuk keadaan. Sebagai gantinya, sebaiknya jaga waktu makan dengan konsisten dan ajarkan si kecil untuk bereksplorasi dengan makanan. Hal ini bisa dijadikan sebagai kunci dalam ajarkan si kecil tentang hubungan makanan sehat dengan makanan.

"Memiliki anak dengan pertumbuhan yang kurang seimbang memang membuat banyak orang tua merasa tertekan. Namun, hal sederhana seperti mengajak anak makan dengan santai dan menyenangkan, makan bersama keluarga atau membiarkan anak-anak makan dengan 'berantakan' sambil menikmati makanannya bisa membantu Anda," tutur Profesor Gillian Leng, selaku Deputy Chief Executive and Director of Health and Social Care di NICE.

Konsumsi minuman padat energi terlalu banyak seperti susu juga bisa mengurangi nafsu makan anak untuk makanan lain. Namun, dalam kasus dimana si kecil berulang kali menolak makanan dan alami penurunan berat badan secara cepat, dokter meminta untuk memeriksa tanda-tanda penyakit celiac dan jika perlu merujuk ke dokter spesialis. 

Dr Frankie Phillips dari British Dietetic Association mengatakan bahwa, "Bermain dengan makanan, menyiapkan makanan dan membiarkan anak-anak bermain dengan makanan bisa menciptakan hubungan yang positif dengan makanan. Mendapatkan makan bersama keluarga dan membuat makanan bersama untuk mengisi waktu luang adalah cara yang baik untuk mendorong anak konsumsi makanan sehat."

Si kecil bereksplorasi dengan makannnya.Si kecil bereksplorasi dengan makannnya. Foto: iStock
Ia juga menambahkan, "Ini tidak hanya untuk kasus anak dengan berat badan kurang tapi juga berlaku untuk anak-anak dengan berat badan berlebuh. Sikap santai terhadap makanan bisa membantu pendekatan terhadap makanan sehat."

Selain itu, Profesor Mary Fewtrell, selaku pimpinan gizi di Royal College of Paediatrics and Child Health juga mengatakan bahwa anak-anak yang selalu merasakan waktu makan menyenangkan di usia muda cenderung tidak akan rewel saat makan.

"Bagi anak-anak dengan usia lebih muda, Anda bisa menciptakan cara yang lebih sederhana seperti membiarkan mereka merasakan tekstur makanan yang berbeda. Dan mereka bisa makan bebas dengan berantakan!"
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: